Kabupaten/ kota sehat merupakan kondisi kabupaten/ kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Demi mewujudkannya kondisi tersebut terbentuklah forum kabupaten/ kota sehat di Grobogan yang diketuai oleh dr. Rinjani, M. Kes. Forum ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirsinya dan partisipasi. Forum ini tidak hanya dibentuk ditinggkat kabupaten namun nantinya akan ada forum komunikasi kecamatan dan kelompok kerja di desa dan kelurahan se Kabupaten Grobogan. 

Langkah awal kegiatan ini dimulai dengan rapat koordinasi dan tukar pendapat dengan forum kabupaten/ kota sehat (KKS) yang sudah berjalan dengan baik. Kegiatan ini diikuti oleh 19 anggota forum KKS Grobogan dan OPD Teknis yang membidangi KKS. Tepatnya di Ruang Kemala Hotel Kryad Grand Master rapat koordinasi dan tukar pendapat ini digelar pada tanggal 22 Agustus 2022. 

 

 

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan DR. Ir. Mohamad Sumarsono, M. Si dalam sambutannya disampaikan bahwa IPM di Kabupaten Grobogan sudah menunjukan Kabupaten dengan nilai yang tinggi, keberhasilan itu memang banyak disumbang oleh sektor kesehatan. Namun masalah-masalah pelik pada kesehatan masih menghantui diantaranya AKI dan AKB yang masih relatif tinggi di Kabupaten Grobogan. Hal tersebut harus menyulut semangat kita agar lebih bekerja ektra kembali, sehingga dengan masalah-masalah tersebut dapat menjadikan isue strategis bagi forum KKS ini untuk mewujudkan Kabupaten Grobogan yang lebih Hebat. 

 

 

Hasil dalam rapat koordinasi ini, diantarannya adalah segera melakukan singkronisasi dan koordinasi pada OPD Teknis serta melakukan road show ke 19 Kecamatan agar segera terbentuk forum komunikasi kecamatan yang merupakan wadah aspirasi di tingkat kecamatan. Selain itu juga diharapkan mampu menggupulkan "balung pisah" atau orang asli Grobogan yang menjadi hebat di rantau sehingga juga dapat menjadi daya dongkrak menuju kabupaten sehat.