Frontliner adalah seseorang yang bertugas untuk menangani kebutuhan pelanggan. Karena memiliki tanggungjawab untuk langsung bertemu dan melayani pelanggan, maka Frontliner akan menjadi wajah bagi suatu tempat atau perusahaan, sehingga dibutuhkan seorang yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan.

Picture38

Seorang Frontliner seharusnya memiliki kualifikasi seperti ramah, rapi, sopan, memiliki empati yang baik, dapat berkomunikasi dengan baik, mampu menahan emosi dengan baik dan memiliki inisiatif yang tinggi. Sehingga menjadi seorang Frontliner tidaklah mudah.

Frontliner dianggap sebagai jembatan antara pelanggan dan perusahaan, Frontliner mempunyai beberapa tugas antara lain mengatasi kebingungan pelanggan, menangani complain pelanggan, membantu kesulitan pelanggan dan menghubungkan pelanggan dengan staff yang menangani keluhan pelanggan.

Picture39

Seorang Frontliner harus memahami potensi sebagai Frontliner karena untuk menjadi seorang Frontliner tentu dibutuhkan keahlian khusus demi terciptanya pelayanan yang memuaskan. Tanpa adanya potensi maka seorang Frontliner tidak bisa melayani pelanggan dengan cara yang tepat dan merasa tidak bahagia atas pekerjaan yang diemban sehingga menyulitkan pelanggan untuk bertanya.

Selama ini Frontliner yang ada di Dinas Kesehatan diantaranya Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan, selama ini mereka bekerja belum sesuai dengan kaidah-kaidah pelayanan . Dari atasan selama ini selalu memberi evaluasi agar pelayanan yang diberikan agar terus diperbaiki.

Picture40

Pada tanggal 04 April 2024 dilakukan kegiatan evaluasi kepada Customer Service dan Penjaga / Petugas keamanan Dinas Kesehatan untuk memberikan pengetahuan kepada Frontliner mengenai tugas yang harus dilakukan agar kegiatan berjalan dengan baik dan pengunjung Dinas Kesehatan merasa nyaman. Sehingga diputuskan untuk mengadakan Pelatihan service excellent bagi Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan dengan menggunakan anggaran APBD Dinas Kesehatan Tahun 2024.