Purwodadi, 1 Juni 2024, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan Dinas Kesehatan adalah hal yang harus dilakukan agar Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan dapat memberikan pelayanan secara professional untuk menunjang kinerjanya.

Picture41

Hal dasar yang harus dimiliki oleh Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan adalah penampilan, sikap, bahasa / komunikasi, body language dan etika Frontliner. Tujuan dari pelatihan Frontliner agar Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan dapat memberikan pelayanan kepada pengunjung atau tamu Dinas Kesehatan agar bisa berkunjung secara procedural.

Pelatihan dasar bagi Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan menggunakan metode presentasi dengan pemberian materi untuk Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan selanjutnya diskusi tanya jawab lalu dilanjutkan dengan studi kasus dan simulasi langsung sesuai yang terjadi di lapangan lalu tahap selanjutnya adalah evaluasi dan konsultasi kepada instruktur. Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan DPSC (Dismarasty Public Speaking Centre) pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2024 yang bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

Picture43

Pelatihan dasar ini ditujukan kepada Pelanggan Service serta Penjaga / Petugas keamanan kantor Dinas Kesehatan. Dari Hasil pelatihan ini petugas Customer Service dan Penjaga / Petugas Keamanan merasa mempunyai kemampuan dan lebih percaya diri dalam hal menyambut tamu yang datang berkunjung ke Dinas Kesehatan. Dan instruktur sangat senang karena peserta pelatihan menunjukkan rasa semangat belajar yang tinggi.

Pelatihan ini cukup mendapatkan respon positif dari seluruh pegawai Dinas Kesehatan. Harapan kedepan setelah dilakukan pelatihan ini Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan dapat meningkatkan kualitas pelayanan public yang diemban. Pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas diri pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dan berdampak pada optimalisasi kinerja.

Rencana selanjutnya Dinas Kesehatan bekerja sama dengan DPSC (Dismarasty Public Speaking Centre) akan mengadakan pelatihan service excellent bagi Security (petugas parkir / satpam) dan Admin Pendaftaran bagi 30 Puskesmas pada bulan Juni 2024.