Tuberkulosis merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan olrh bakteri Mycobacterium Tuberculosis (M.tb). Penemuan terduga dan kasus TBC di Kabupaten Grobogan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun kasus under report dan delay report masih banyak terjadi. Untuk meningkatkan capaian penemuan terduga dan kasus TBC, perlu adanya kerjasama dari semua fasilitas pelayanan Kesehatan (fasyankes). Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, pada tanggal 24 Juni 2024 Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan melaksanakan kegiatan Coaching TB di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo.

Picture2

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga Kesehatan di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo serta melakukan evaluasi terkait layanan TBC di RS tersebut. Coache pada kegiatan ini adalah dokter, perawat, farmasi, dan laboratorium di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo. Sedangkan pihak yang mengcoaching adalah praktisi dari Organisasi Profesi IDI, PPNI, PATELKI, dan IAI yang telah ditunjuk.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan selama 4 bulan berturut – turut. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dari tenaga Kesehatan di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo terkait program TBC, sehingga pelayanan TBC dapat terlaksana lebih optimal.