GROBOGAN — Dalam rangka upaya mencegah penularan serta Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I), salah satu strategi yang di nilai efektif adalah dengan melaksanakaan Imunisasi Rutin Lengkap (IRL).

Picture48

Atas dasar analisa akan pentingnya imunisasi untuk mencegah kejadian tersebut, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan  mengadakan kegiatan Sosialisasi vaksin antigen baru kepada  pengelola program imunisasi di Puskesmas dan seluruh bidan desa sekabupaten grobogan sejumlah 310 peserta dari tanggal 11-13 Juni 2024 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Jl. Gajah Mada No. 19 Purwodadi.

Kepala Bidang Penangulangan dan pemberantasan Penyakit , dr. Djatmiko M.A.P , mejelaskan bahwa dasar pemberian vaksin baru adalah karena terjadinya beberapa KLB dan meningkatnya angka kesakitan penyakit di wilayah Indonesia.

“Dengan terjadinya KLB di Indonesia, menjadi dasar bagi pemerintah untuk menambahkan jenis vaksin. Tentu ini adalah langkah yang baik untuk mencegah anak-anak di Indonesia agar terhindar dari PD3I”, jelasnya saat membuka kegiatan ini di depan 310 Pengelola Program Imunisasi Puskesmas dan Bidan Desa se-Kabupaten Grobogan

dr. Djatmiko M.A.P menjelaskan lebih lanjut bahwa jenis vaksin baru yang dimaksud adalah vaksin IPV , PCV, HPV, dan Rotavirus yang seluruhnya disubsidi penuh oleh pemerintah (gratis).

“dr. Djatmiko M.A.P berharap, dengan adanya sosialisasi ini maka seluruh pengelola program imunisasi dapat mengetahui mengenai kebijakan imunisasi baru hingga teknis pelaksanaannya.

“Semoga komitmen pengelola program imunisasi untuk segera melaksanakan imunisasi vaksin baru sesuai jadwal di program imunisasi rutin dapat terwujud”, tutupnya.

 

sumber TIM Surveilans, Imunisasi dan KLB